MAKANAN DAPAT MENSTIMULASI KEMAMPUAN BICARANYA

Kita sering kali mendengar tentang kemampuan motorik anak, baik itu motorik halus maupun motorik kasar. Orang tua banyak mengajak anaknya bermain balok untuk melatih motorik halus, atau berlari dan bermain sepeda untuk melatih motorik kasar. Tapi tahukah Anda mengenai istilah motorik oral yang tidak kalah pentingnya untuk tumbuh kembang si Kecil?

Perkembangan motorik oral atau oromotor merupakan salah satu perkembangan yang penting dalam milestone perkembangan anak. Motorik oral atau oromotor adalah sistem gerak otot yang menyeluruh dalam mulut, rahang, lidah, bibir, gigi dan pipi. Pergerakan dan koordinasi struktur ini sangat penting dalam kemampuan bicara, proses menelan yang aman, merangsang pertumbuhan gigi, dan makan berbagai tekstur makanan.

Gangguan oromotor juga sering diasosiasikan dengan perilaku makan, kemampuan verbal, dan juga kualitas hidup anak tersebut. Terlihat bahwa anak yang gerakan oral motornya buruk sebelum usia dua tahun, juga memiliki kemampuan bahasa yang buruk. Untuk itu keterampilan oromotor anak harus dilatih sedini mungkin sesuai dengan usia perkembangannya. Keterampilan oromotor anak dapat dilatih dengan memilih ukuran, tekstur dan rasa makanan yang tepat untuk setiap usia perkembangan tertentu.

Berikut tahapan perkembangan oromotor sesuai usia si Kecil:

0-6 bulan :

Mengisap ASI atau dot

Makanan: cair

4-6 bulan

Pengenalan sendok dan makan secara pasif

Makanan: halus

5-7 bulan

Bibir atas bergerak untuk menyapu sendok, muncul refleks mengunyah, pengenalan gelas, dan gerakan mengisap masih ada

Makanan: cair, halus, biskuit

8-12 bulan

Bibir atas bergerak aktif, muncul gerakan mendorong makanan ke gigi

Makanan: lunak/tim

12-18 bulan

Lidah bergerak ke kedua sisi mulut, mengunyah dengan gerakan rahang berputar, menyapih botol/dot atau ASI, dan menggigit gelas

Makanan: setengah padat, cincang, atau mudah dikunyah

(sumber: Majalah Ayahbunda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.